BAHKAN PANDAWA PUN LEBIH KURAWA

Sabtu, 29 Januari 2011

indahnya 'memuji'

pernah suatu pagi gw di tanya boss di kantor, 'kapan terakhir kamu memuji  ibumu?'
gw kaget dan bilang 'belum pernah pak', 'dari kecil ampe sekarang?' tanyanya lagi. 'iya pak' jawab gw.
mungkin memuji buat banyak orang adalah suatu hal yang sepele, banyak orang yang bisa. tapi kenapa susah untuk melakukannya?. itu yang selalu jadi pertanyaan gw, karena gw sendiri merasa belum bisa.
ketika ibu memasak di rumah, kita ga pernah memujinya. ketika ayah membelikan baju baru, kita lupa memujinya.ketika adik dapat rangking di kelas, kita jg lupa memujinya. banyak hal lain yang tanpa kita sadari perlu mendapat pujian.
banyak sekali sebenarnya manfaat dari memberi pujian, seperti .orang jadi merasa bangga karena hasil karyanya di hargai, dan itu sangat memacu untuk lebih berinovasi. orang jadi merasa kalau di perhatikan, dan itu sangat membantu kepercayaan dirinya. setiap orang jadi mempunyai nilai lebih karena adanya pujian.
gw ga ingat persisnya kapan seorang manajer IT yang kebetulan satu gedung am kantor gw pernah memuji gw 'kamu rajin banget, kerjanya rapi dan disiplin.pertahankan itu, kelak kamu bisa sukses bila terus seperti itu'. mungkin buat sia itu sebuah pujian yang biasa tapi buat gw itu sebuah support yang berharga. sebuah semangat yang melecut gw supaya lebih baik lg.
jadi, jangan pernah pelit dengan pujian untuk orang-orang yang ada di sekitar kita. dengan memuji kita ga merasa rendah, justru malah mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

message